Bakamla Gencarkan Operasi Keamanan Laut Besar-besaran Pada 2017

Badan Keamanan Nasional Republik Indonesia (Bakamla RI) memperketat keamanan laut wilayah Indonesia. Di tahun 2017, Bakamla akan menggelar 27 operasi keamanan laut besar-besaran di seluruh wilayah Indonesia.
Bakamla Gencarkan Operasi Keamanan Laut Besar-besaran pada 2017
“Di 2017, kami akan menggelar 27 kali operasi. Jadi bukan secara berurutan dalam periode masing-masing tapi secara sporadis pada satu periode,” kata Kepala Bakamla Laksamana Madya TNI Arie Soedewo saat berbincang dengan detikcom di Kompleks Trans Media, Jl Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (10/1/2017).

Rencana operasi besar kemanan laut itu dilatarbelakangi terjadinya peningkatan pelanggaran di wilayah laut Indonesia pada 2016. Bakamla mencatat ada peningkatan pelanggaran keamanan laut dari sebelumnya 15 kasus pada 2015 menjadi 87 kasus di 2016. Dari 87 kasus, 38 kasus di antaranya merupakan penangkapan ikan secara ilegal.

Operasi tersebut akan dilakukan besar-besaran di semua wilayah laut Indonesia. Operasi keamanan laut itu rencananya akan melibatkan aparat gabungan pengamanan laut Indonesia, yakni unsur TNI AL, Bakamla, Satgas 115 dari KKP dan lainnya.

“Kita dituntut untuk selalu hadir sesering mungkin baik dari unsur pertahanan maupun dari unsur keamanan. Satu periode itu Barat, Timur, dan Tengah. Itu semua ter-cover dengan minimal 10 atau 15 dari berbagai instansi, itu kita operasikan,” tutur Arie.

Arie menuturkan, untuk patroli harian keamanan laut tetap berjalan di beberapa lokasi yang dinilai rawan pelanggaran. Di Bagian Barat, Kepulauan Riau dinilai paling rawan penyelundupan barang ilegal, sementara ilegal fishing masih sering terjadi di wilayah Natuna.

“Kita sebagai negara kepulauan dari Aceh sampai Papua. Jayapura sampai ke Barat, nah di situ tantangan lebih besar patrolinya,” ucap Arie.

“Yang banyak illegal fishing, illegal migrant, kapal ilegal. Itu sudah kita petakan di mana titik kerawanan. Di Kepulauan Riau misalnya itu kan rawan penyelundupan karena tetangga lebih dekat, jauh dari pusat,” imbuhnya

https://m.detik.com/news/berita/d-3392745/bakamla-gencarkan-operasi-keamanan-laut-besar-besaran-pada-2017?_ga=1.31602174.1557427542.1484058957

Wilayah Negri kita memiliki laut yang luas semoga keamanan kelautan terus di tingkatkan


Start a Conversation

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Komentar anda akan di moderasi.