Polisi Selidiki Dugaan Korupsi Pembangunan Masjid Era Sylvi

Polisi Selidiki Dugaan Korupsi Pembangunan Masjid Era Sylvi
Martahan Sohuturon, CNN Indonesia Rabu, 11/01/2017 13:13 WIB

CNN Indonesia — Penyidik Direktorat Tindak Pidana Korupsi Badan Reserse Kriminal Polri mengeluarkan surat perintah penyelidikan atas dugaan tindak pidana perbuatan korupsi dalam proyek pembangunan Masjid Al Fauz di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat tahun anggaran 2010 dan 2011.

Perintah Penyelidikan itu tertuang dalam surat bernomor Sprin.Lidik/91/XII/2016/Tipikor tanggal 6 Desember 2016 dan Surat Perintah Tugas Nomor: Sprin.Gas/902.b/XII/2016/Tipikor tanggal 6 Desember 2016.

Dalam rangka penyelidikan, penyelidik akan melakukan pengecekan fisik di lokasi masjid Wali Kota Jakarta Pusat. Penyelidikan ini berdasarkan Laporan Informasi Nomor: LI/48/XII/2016/Tipidkor tanggal 2 Desember 2016.

Kemudian, penyelidik telah memberitahukan Wali Kota Jakarta Pusat sesuai surat pemberitahuan cek fisik Nomor: B/80/Tipikor/I/2017/Bareskrim tanggal 10 Januari 2017 yang ditandatangani oleh Direktur Tindak Korupsi Bareskrim Polri, Brigadir Jenderal Akhmad Wiyagus.

Saat dikonfirmasi, Wakil Direktur Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri, Komisaris Besar Erwanto Kurniadi membenarkan bahwa pihaknya tengah mengusut dugaan korupsi pembangunan Masjid Al Fauz.

“Ya benar (sedang diselidiki),” kata Erwanto, Rabu (11/1).

Ia pun membenarkan bahwa penyelidik tengah memeriksa Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah tengah menjalani pemeriksaan terkait proyek pembangunan masjid ini. Menurutnya, Saefullah diperiksa di kantor sementara Dittipidkor Bareskrim Polri di Gedung Ombudsman, Kuningan, Jakarta Selatan.

“Iya betul,” katanya.

Sementara itu, saat diminta membeberkan nama-nama saksi lain yang akan dipanggil penyelidik untuk dimintai keterangan terkait proyek pembangunan masjid ini, ia menolak.

Pembangunan Masjid Al Fauz dimulai saat kursi Wali Kota Jakarta Pusat tengah dijabat oleh Sylviana Murni. Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 itu menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Pusat dari 2008 hingga awal November 2010. Jabatan itu kemudian dilanjutkan oleh Saefullah.

Peletakan batu pertama Masjid Al Fauz dilakukan pada awal Juni 2010, sementara proses pembangunannya rampung pada akhir Desember 2010.

Masjid Al Fauz diresmikan oleh Fauzi Bowo yang saat itu menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 30 Januari 2011. Masjid dua lantai itu dibangun menggunakan dana anggaran pendapatan daerah (APBD) 2010 sebesar Rp27 miliar.

Diberitakan oleh detikcom, Sekda DKI Saefullah telah selesai menjalani pemeriksaan penyidik Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim. Dia mengaku diperiksa terkait pembangunan masjid di kantor Wali Kota Jakarta Pusat.

“Dimintai keterangan terkait masjid yang di Wali Kota Jakpus,” kata Saefullah di kantor Bareskrim di gedung Ombudsman RI.

“Enggak ada masalah apa-apa, masjidnya bagus kok, silakan lihat saja,” sambungnya.

link:http://www.cnnindonesia.com/nasional/20170111124909-12-185548/polisi-selidiki-dugaan-korupsi-pembangunan-masjid-era-sylvi

Mulai Dibidik……

Kata kunci terkait:

agus sylvia korupsi pembangunan masjid, korupsi dana masjid al-fauz

Start a Conversation

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Komentar anda akan di moderasi.