Ridwan Kamil Resmikan Kawasan Chinatown Bandung

Sunday, 20 August 2017 | 20:52 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG —

Walikota Bandung Ridwan Kamil meresmikan kawasan Chinatown Bandung di Jalan Kelenteng, Kota Bandung, Ahad (20/8). Seperti diketahui, warga di wilayah Kelenteng terdiri dari berbagai latar belakang agama dan suku. Selain itu, terdapat rumah ibadah di lokasi tersebut diantaranya Vihara dan Kelenteng.

“Hari ini pemerintah kota Bandung dan perhimpunan masyarakat sosial Bandung (Permaba) meresmikan konsep Chinatown, sebuah kawasan wisata dengan tema budaya Tionghoa,” ujar Ridwan Kamil disela-sela peresmian Chinatown Bandung, Ahad (20/8).

Ia menuturkan, keberadaan kawasan Chinatown Bandung memperkuat eksistensi Kota Bandung yang menghargai keberagaman. Dimana yang diwujudkan dalam toleransi beragam dan kegiatan sosial sehari-hari serta dalam kegiatan ekonomi.

Selain itu juga merupakan wujud keberagaman identitas dalam bidang ekonomi. Di kawasan Chinatown yang didesign seperti Kampung Cina hadir 77 toko yang merupakan Usaha kecil Menengah (UKM) Kota Bandung.

Ridwan Kamil menambahkan, kawasan yang juga akan menjadi destinasi wisata ini diharapkan menjadi inspirasi untuk Indonesia. Dimana, di ulang tahun Indonesia ke-72 kekuatan negara datang dari keberagaman yang diwujudkan dalam bentuk pariwisata.

“Kota Bandung adalah destinasi pariwisata untuk kota nomor satu di Indonesia. Untuk mempertahankan perlu memperbanyak destinasi baru.

(destinasi) seperti ini wujud semangat pemkot Bandung dalam keberagaman inovatif dan kreatif,” katanya.

Ketua Perhimpunan Masyarakat Sosial Kota Bandung, Alexander Candana mengatakan keberadaan kawasan Chinatown di Jalan Kelenteng menjadi simbol keberagaman dan kebhinekaan.

Selain itu, pihaknya mengajak enterpreneurship bergabung dengan Chinatown Bandung.

http://m.republika.co.id/berita/nasional/daerah/17/08/20/ouzl6o280-ridwan-kamil-resmikan-kawasan-chinatown-bandung

Di Ditempat yg dibangun China Town terdiri dari beragam agama dan suku trus dikata pembangunan china town adalah mencerminkan kebhinekaan

Betul seperti itukah kebhinekaan itu?

Coba mari kita cermati dari China town ini trus flash back ke patung Dwi kwan im di Batam trus Patung Guan Yu di Tuban dll. intinya adalah penguatan identitas ke chinaan di bumi indonesia.

Apakah ini wajar ataukah bentuk dari soft power Kebangkitan china daratan yg menginspirasi china keturunan yang bertujuan membangkitkan semangat satu cina dan sebagai pembuka jalan politik demografi china


Start a Conversation

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Komentar anda akan di moderasi.