Kasad Minta Empat Pangdam Tingkatkan Kewaspadaan

Kasad minta empat pangdam tingkatkan kewaspadaan

Bandung (ANTARA News) – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono meminta empat Panglima Kodam yang baru dilantik agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan di Kotama masing-masing dalam mengelola potensi konflik yang mungkin terjadi.

“Sebagai negara yang memiliki posisi geografis yang sangat strategis, kekayaan alam yang sangat besar serta kekuatan ekonomi yang tumbuh semakin besar, Indonesia harus membentengi diri dari berbagai bentuk ancaman yang semakin kompleks,” kata Kasad dalam sambutannya saat memimpin upacara serah terima jabatan empat pangdam dan enam pati lainnya, di Makodam III/Siliwangi, Bandung, Jawa Barat, Selasa.

Empat jabatan pangdam yang diserahterimakan tersebut yakni Pangdam III/Siliwangi dari Mayjen TNI Herindra kepada Mayjen TNI Doni Monardo, Pangdam IV/Diponegoro dari Mayjen TNI Tatang Sulaiman Kepada Mayjen TNI Wuryanto, Pangdam V/Brawijaya dari Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko kepada Mayjen TNI Arif Rahman, Pangdam XVI/Patimmura dari Mayjen TNI Doni Monardo kepada Mayjen TNI Suko Pranoto. Empat pangdam yang baru dilantik itu semua wilayahnya di Pulau Jawa.

Menurut Kasad, Indonesia memerlukan TNI yang kuat dan profesional dalam membangun Bangsa, serta mampu menangkal setiap bentuk ancaman terhadap keselamatan Bangsa dan keutuhan NKRI.

“Oleh karenanya, para pangdam yang baru dilantik senantiasa meningkatkan kewaspadaan,” kata Mulyono.

Empat pangdam yang baru dilantik ini, kata dia, juga harus menyelenggarakan operasi pertahanan dan keamanan negara matra darat serta pembinaan kemampuan, kekuatan dan gelar kekuatan melaksanakan pembinaan teritorial untuk mendukung tugas pokok TNI AD.

Di bawah guyuran hujan, Kasad Jenderal TNI Mulyono juga melakukan serah terima enam jabatan Pati TNI AD lainnya, yakni Danpuspenerbad dari Mayjen TNI Suko Pranoto kepada Brigjen TNI Besar Harto Karyawan, Gubernur Akmil dari Mayjen TNI Arif Rahman kepada Brigjen TNI Eko Margiyono, Danpusterad dari Mayjen TNI Hadi Prasojo kepada Mayjen TNI Hartomo, Aspam Kasad dari Mayjen TNI Ilyas Alamsyah kepada Brigjen TNI Muhammad Nur Rahmad, Aster Kasad dari Mayjen TNI Widagdo H. Sukoco kepada Brigjen TNI Supartodi serta Danpusintelad dari Brigjen TNI Herianto Syahputra kepada Kolonel Inf Djaka Budhi Utama.

Sementara, Mayjen TNI Tatang Sulaiman akan menjabat Wakil Kasad dan Mayjen TNI Muhamad Herindra akan menjadi Pa Sahli Tk. III Bidang Hubint Panglima TNI.

Selanjutnya kepada para pejabat lain yang juga melaksanakan serah terima jabatan Kasad berharap agar segera mempelajari dan memahami tugas dan tanggung jawabnya di tempat penugasan yang baru.

“Saudara-saudara sekalian adalah unsur pimpinan yang menjadi motor penggerak perubahan dan kemajuan di dalam organisasinya masing masing. Saya berharap agar pergantian jabatan ini dapat memberikan angin segar atau semangat baru di masing-masing organisasi yang saudara pimpin sehingga dapat mendorong peningkatan kinerja TNI AD sebagai komponen utama Pertahanan Negara,” kata Mulyono.

Mantan Pangkostrad ini mengimbau agar para perwira tinggi yang baru dilantik meningkatkan integritas, profesionalitas dan produktifitas dalam bekerja di lingkungan organisasi TNI AD dengan disertai tertib administrasi yang transparan dan akuntabel guna memacu pencapaian hasil yang optimal dalam menjalankan organisasi TNI AD.
Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Sumber = https://m.antaranews.com/berita/664782/kasad-minta-empat-pangdam-tingkatkan-kewaspadaan


Start a Conversation

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Komentar anda akan di moderasi.