Dukung Trump, Saudi Tawarkan Abu Dis Buat Ibu Kota Palestina

Arab Saudi dikabarkan mengajukan prakarsa perdamaian Israel-Palestina dengan menawarkan Abu Dis, sebuah kota dekat Yerusalem Timur, untuk menjadi Ibu Kota Palestina. Menurut kabar yang dilansir situs Middle East Monitor, prakarsa itu tampak sebagai alternatif jika Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan pengakuan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

Berdasarkan kesepakatan Oslo, Abu Dis dikategorikan sebagai wilayah B, yang dikelola bersama Israel dan Otoritas Palestina.

Situs New York Times melaporkan bahwa Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman mengajukan proposal tersebut saat kunjungan Presiden Palestina Mahmoud Abbas ke Riyadh bulan lalu.

Namun Arab Saudi menampik kabar tersebut.

Menurut proposal itu, Arab Saudi akan mendapatkan wilayah yang bersebelahan di Tepi Barat dan Jalur Gaza dimana mereka memiliki kedaulatan parsial. Sedangkan permukiman Israel di Tepi Barat tetap dipertahankan.

Proposal itu tidak memberikan hak bagi pengungsi Palestina dan keturunannya yang tinggal di negara lain untuk kembali ke Israel.

https://m.cnnindonesia.com/internasional/20171207083138-120-260722/dukung-trump-saudi-tawarkan-abu-dis-buat-ibu-kota-palestina/

Mulai lempar isuh dan berlagak mengelak ntar juga bakalaan dinyatakan!!


Start a Conversation

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Komentar anda akan di moderasi.