Petinggi PKPI Sebut Partainya Alihkan Dukungan Ke Djarot-Sihar, Posisi JR-Ance Teranc

MEDAN-Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia ( PKPI), Djati Nuswanto mengaku bahwa partainya sudah mengalihkan dukungannya kepada pasangan Bakal Calon Gubernur Sumut dan Bakal Calon Gubernur Sumatera Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus.

“Dengan hadirnya kami di sini. Adalah bukti bahwa kami sudah mengalihkan dukungan kami kepada pasangan Djarot dan Sihar. Kenapa? Karena kami menyakini pak Djarot lebih mumpuni dan elektabilitasnya lebih tinggi,” ujarnya halaman Kantor KPUD Sumut, Rabu (10/1/2018).

Sebelumnya PKPI sudah mendukung pasangan JR Saragih dan Ance Selian dan sudah mendaftar di KPU Sumut sebagai Calon Gubernur Sumut dan Wakil Gubernur Sumut. PKPI mengusung JR Saragih dan Ance Selian bersama Partai Demokrat dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Djati Nuswanto mengutarakan bahwa mereka memang sudah memberikan mandat kepada JR Saragih dan Ance, tapi dengan hadirnya mereka mendampingi Djarot dan Sihar Sitorus, maka dukungan itu sudah berakhir kepada JR Saragih dan Ance Selian.

“Ini politik. Politik tidak kaku. Politik itu mengalir seperti air. Semua mengikuti perkembangan. Kemarin itu pun kami mendukung JR Saragih dan Ance Selian, karena kami belum mendapat kepastian apakah Dajarot maju atau tidak sebagai calon gubernur di Sumatera Utara,” ujarnya.

Pernyataan Djati Nuswanto nampaknya tidak akan berdampak pada posisi JR-Ance karena menurut Peraturan KPU No.3 Tahun 2017 Pasal 6 ayat 4, Partai Politik atau Gabungan Partai Politik yang telah mendaftarkan Bakal Pasangan Calon kepada KPU Provinsi/KIP Aceh atau KPU/KIP Kabupaten/Kota, tidak
dapat menarik dukungannya sejak pendaftaran.

Pada pasal 6 ayat 5 ditegaskan bahwa jika Partai Politik atau Gabungan Partai Politik menarik dukungan dan/atau menarik bakal calon dan/atau Bakal Pasangan Calon yang telah didaftarkan, Partai Politik atau Gabungan Partai Politik tersebut dianggap tetap mendukung Bakal Pasangan Calon yang bersangkutan dan tidak dapat mengusulkan bakal calon atau Bakal Pasangan Calon pengganti.

http://medan.tribunnews.com/2018/01/10/petinggi-pkpi-sebut-partainya-alihkan-dukungan-ke-djarot-sihar-posisi-jr-ance-terancam


Start a Conversation

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Komentar anda akan di moderasi.