Herman Deru Ancam Cabut Izin Angkutan Batubara Melintasi Jalan Raya

Herman Deru Ancam Cabut Izin Angkutan Batubara Melintasi Jalan Raya

Calon Gurbernur Sumsel Herman Deru, berjanji seandainya ia diberikan amanah untuk menjadi Gubernur Sumsel, tugas pertamakali yang akan dia lakukan adalah mencabut surat keputusan Gubernur Sumsel atas izin angkutan batubara melintas di Jalinsum.

“Sehari saya dilantik, besok akan langsung saya cabut,” ujar Herman Deru.

Menurut Heman Deru, ada tiga program utama yang akan ditawarkan kalau ia terpilih menjadi Gubernur Sumsel nanti.

Pertama adalah akan mencabut surat izin angkutan batubara untuk berlalulintas di Jalinsum. Sebab menurutnya sudah meresahkan masyarakat terutama di sepanjang jalan yang dilaluinya.

Menyebabkan kerusakan jalan, membuat kemacetan, menganggu kesehatan karena debu, dan belum korban jiwa akibat kecelakaan.

Pihaknya bukan menutup saja, namun mencarikan solusi untuk angkutan batubara melintasi di jalan khusus batubara, sebab ribuan orang juga menggantungkan hidup dari bisnis batubara.

“Saya berani, karena saya tidak ada sangkut paut dengan bisnis batubara. Boleh kita berusaha, namun jangan menyusahkan masyarakat banyak,” tukasnya.

Program kedua, kata Herman Deru, adalah masalah harga karet yang terpuruk. Memang harga karet tergantung pasar dunia, namun bisa melakukan dengan membuat industri hilir dengan membangun pabrik.

“Kita undang investor untuk membangun pabrik dengan kemudahannya, dan jika tidak ada kita coba dengan membangun sendiri dengan mengandeng pihak ketiga.” katanya.

Program ketiga lanjut Herman Deru, adalah masalah berobat dan sekolah gratis. Saat ini, program tersebut telah redup, masyarakat sudah bayar kembali sekolahnya, sehingga menambah beban rakyat selagi perekomian sulit.

“jika saya terpilih, program ini, akan saya hidupkan lagi, bukan hanya sekolah gratis tetapi perlengkapan untuk sekolah.” tegasnya.

Sementara itu Tokoh masyarakat Muaraenim Herman Domu alias Herman Juki, mengatakn bahwa masyarakat Kabupaten Muaraenim sudah lama menunggu calon Gubernur dan calon Bupati yang berani menghentikan angkutan batubara ini.

Namun saat ini, baru Herman Deru yang berani bersuara lantang menyatakan akan menyetop angkutan batubara.

Selain itu ia sangat tertarik dengan program dan kesungguhan hati Herman Deru, untuk mewujudkannya jika terpilih menjadi Gubernur Sumsel.

“Periode kemarin kalah tipis, kalau sekali ini, kami akan sekuat tenaga memenangkan dan menjadikan Herman Deru sebagai Gubernur Sumsel,” ujarnya di depan masyarakat Muaraenim.

(tribun)


Start a Conversation

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Komentar anda akan di moderasi.