Gagas Kejuaraan Catur, Maruarar: Gelorakan Semangat Olahraga Nasional

Gagas Kejuaraan Catur, Maruarar: Gelorakan Semangat Olahraga Nasional
Majalengka, Kaskus.co.id – Anggota DPR RI Maruarar Sirait terus menggelorakan semangat olah raga nasional di daerah agar terus menuai berprestasi. Namun, tetap menjungjung tinggi sportivitas dan fair play dalam setiap pertandingan.

“Kita harapkan dalam setiap event pertandingan olah raga di daerah, dapat melahirkan bibit bibit unggul atlet, yang dapat berkompetisi di level nasional maupun internasional,” kata Maruarar Sirait, saat memberikan sambutan pada Turnament Catur Cepat Terbuka Nasional memperebutkan Piala Bupati Majalengka, Sabtu (10/3/2018) di Gedung SKB Kabupaten Majalengka.

Kehadiran Maruarar sendiri dalam rangka kunjungan kerja dapil perorangan, bersama Ketua Umum Persatuan Catur Indonesia (Percasi) Utut Adianto W, yang didaulat langsung membuka kejuaraan catur tersebut.

Peserta dalam kejurnas catur itu, diikuti kurang lebih 350 orang peserta dari berbagai provinsi di tanah air.

Hadir pecatur papan atas Grandmaster (GM) Indonesia Susanto Megaranto, GM Cerdas Barus. Kemudian, Master Internasional (MI) Tirto, Muhamad Infel Erli, Anjas Norito, Awam Hahono, Firmansyah, dan Irwanto The Sadikin.

Dalam sambutan itu, Bang Ara nama sapaan Maruarar, menggagas kembali kejuaraan catur Nasional dengan memperebutkan Piala Ketua Umum Percasi Utut Adianto yang digelar awal Mei 2018 di Majalengka.

Guna mensukseskan acara besar itu, Bang Ara menyumbang dana Rp 150 juta, Bupati Majalengka Rp 50 juta dan Utut Adianto Rp 50 juta. Sisanya dari sponsorship.

“Dalam olah raga itu bangun dulu kepercayaan publik dan profesionalitas, baru setelah itu terbentuk, sponsorship akan datang dengan sendirinya, seperti contohnya di Piala Presiden,” sarannya.

Ketua Umum Percasi Utut Adianto mengatakan, dalam olah raga catur salah satu kendala utamanya pada pendanaan, karena catur berbeda dengan cabang olah raga lainnya.

Namun demikian, pihaknya akan berupaya keras agar kejayaan catur Indonesia tetap berkibar di dunia.

“Banyak atlet catur Indonesia itu dari orang biasa, tapi mampu berkiprah di level dunia. Ini harus menjadi motivasi buat atlet di daerah, bahwasanya dengan usaha, kerja keras, dan doa itu dapat membuahkan hasil maksimal, “kata Ketua Fraksi PDIP DPR RI ini.

Sementara itu, Bupati Majalengka H. Sutrisno menambahkan, pihaknya berharap kejuaran catur nasional ke tiga kalinya ini dapat memberikan manfaat dan melahirkan atlet catur Majalengka, yang dapat berkompetisi minimalnya di tingkat Nasional.

“Saya akan terus mendukung berbagai kegiatan olah raga di Majalengka agar terus maju dan berprestasi,”ucapnya.

Ketua Pengcab Catur Provinsi Jawa Barat H. Syarief Bastaman didampingi Ketua Pengcab Catur Majalengka, Ade Saefudin mengaku bersyukur jika cabor catur kini masuk dalam Pekan Olah Raga Nasional (PON) yang sebelumnnya nyaris ditiadakan.

“Kami berharap cabor catur dapat terus maju dan berkembang pesat serta melahirkan kembali pecatur pecatur Indonesia, yang mampu membawa nama harum bangsa dan negara ini,”pungkasnya. (**)


Start a Conversation

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Komentar anda akan di moderasi.