Jaga Ekosistem, Sandiaga Ingin Sungai Jakarta Dinaturalisasi

JAKARTA | 17 Maret 2018 22:35
Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno ingin sungai-sungai di Jakarta dinaturalisasi. Karena selama ini penataan sungai menggunakan konsep normalisasi dengan dinding sungai menggunakan material beton.

BERITA TERKAIT
Sandiaga sebut Marina akan siapkan pengganti pimpin PD Dharma Jaya
Anies-Sandi diminta audit PD Dharma Jaya
Sandiaga ungkap penyebab lambatnya pencairan PSO untuk PD Dharma Jaya

Sedangkan untuk naturalisasi, dia menjelaskan, dinding sungai akan menggunakan bronjong maupun bambu. Dia mencontohkan seperti di sungai Pesanggrahan di Jakarta Selatan yang lebih cocok dilakukan naturalisasi dibandingkan normalisasi.

“Dari Pemprov menurut saya harus ada kearifan ya. Bahwa ada yang memang bisa dinaturalisasi, ada yang bisa dinormalisasi. Kita lihat mana yang cocok. Kalau daerah sini sih sangat tidak cocok kalau dibeton. Tempatnya sangat landai, diberonjong, saya lihat di sini dengan bronjongnya menjadi lebih hidup. Ikan-ikan lebih lestari,” kata Sandiaga di Hutan Kota Sangga Buana, Jakarta Selatan, Sabtu (17/3).

READ MORE
Gadis Pencuci Piring Ini Viral Karena Wajahnya yang Imut & Cantik
Cinta Akan Terus Bertahan Selama Saling Menjaga Rasa Percaya

Politisi Gerindra ini mengatakan, jika sungai-sungai seluruhnya dinormalisasi itu akan berdampak buruk terlebih laju air menjadi lebih cepat dan bisa terjadi sedimentasi atau proses pengendapan material yang terbawa oleh air.

“Kalau semuanya saya bicara sama Bu Susi kebetulan. Dia sepakat sama Babe Idin, dia bilang kalau semuanya dibetonisasi akan mempercepat lajunya air, sedimentasi, ini akan jadi siklus yang tidak sehat,” jelasnya.

Sementara, pengelolaan Hutan Kota Sangga Buana, Chaerudin atau yang biasa disebut Babeh Idin mengatakan, jika normalisasi terus dilakukan itu akan berdampak buruk untuk Jakarta. Untuk itu perlu naturalisasi.

“Jadi kalau naturalisasi harus. Kalau dibetonisasi silakan tunggu Monas, hanyut, istana pindah ke Pulau Seribu,” tegasnya.

Babeh Idin mengungkapkan, ingin sungai-sungai di Jakarta dilakukan naturalisasi bukan normalisasi hal ini untuk menjaga ekosistem air.

“Ini yang kita bangun tentang kehidupan masa depan. Jadi saya minta dengan pancang dan bagaimana dengan itu, tolong mana-mana tertentu dipancang. Tapi resapan air harus dipertahankan. Karena bambu punya nilai sangat tinggi tentang peradaban,” tutupnya.

(mdk/fik)

https://m.merdeka.com/jakarta/jaga-ekosistem-sandiaga-ingin-sungai-jakarta-dinaturalisasi.html

berani tarohan ane kalo ampe selesai jabatan ga bakal ada satupun sungai di jakarta yg mampu dinaturalisasi……


Start a Conversation

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Komentar anda akan di moderasi.