Fungsi 8 Bagian Tubuh Manusia Yang Jarang Anda Perhatikan (2)

Fungsi 8 Bagian Tubuh Manusia yang Jarang Anda Perhatikan (2)Liputan6.com, Jakarta Mungkin beberapa orang berpikir beberapa bagian tubuh manusia tidak ada gunanya. Jangan salah, semua yang ada di tubuh kita diciptakan dengan fungsinya masing-masing.

Dilansir dari Reader’s Digest, Senin (16/4/2018), bagian tubuh manusia yang jarang Anda perhatikan ini ternyata memiliki fungsi berikut ini.

5. Tonsil (amandel)

Jika tenggorokan sakit, Anda akan melihat jaringan seperti spons di bagian belakang mulut yang terlihat sedikit bengkak, merah, atau berbintik putih.

Sebagai bagian dari sistem limfatik, tonsil atau amandel melindungi tubuh dari infeksi yang masuk lewat hidung dan mulut. Namun, mereka juga bisa kelebihan beban bakteri atau virus. Jika menimbulkan masalah pada penyakit kronis atau pernapasan, tonsil bisa dibuang.

6. Kuku jari tangan

Kuku jari ternyata juga berfungsi sebagai jendela kesehatan tubuh kita. Perubahan warna atau bintik-bintik kecil, bisa menjadi pertanda bahwa tubuh kekurangan gizi, atau adanya masalah kulit tertentu.

Usus buntu dan gigi bungsu

Fungsi 8 Bagian Tubuh Manusia yang Jarang Anda Perhatikan (2)
Usus buntu terkadang dianggap tidak berguna bagi sebagian orang. (iStockphoto)
7. Usus buntu

Usus buntu, atau apendiks, berbentuk seperti tabung 3,5 inci yang memanjang dari usus besar. Bagian tubuh ini nampaknya tidak punya fungsi, tapi ketika terkena infeksi, bisa meradang atau disebut apendisitis. Biasanya kondisi tersebut sering terjadi pada anak-anak.

Ketika usus buntu dibuang, tidak ada dampak nyata pada tubuh. Namun, menurut riset Duke University Medical School, Carolina Utara, Amerika Serikat, organ tersebut merupakan rumah dari bakteri baik.

8. Gigi bungsu

Gigi bungsu adalah geraham yang membantu orang mengunyah makanan kasar seperti kacang, dan daging.

Gigi bungsu mulai mulai berkembang di 10 tahun dan terasa sakit di usia 17 dan 25. Namun, tidak sedikit juga yang baru mengalami sakit saat gigi bungsu tumbuh ketika usia 30.

Dalam banyak kasus, gigi bungsu rentan menjadi penyebab penyakit pada gusi, kista, atau kerusakan pada gigi di sekitarnya. Itu sebabnya, banyak gigi bungsu dicabut.

Fungsi 8 Bagian Tubuh Manusia yang Jarang Anda Perhatikan (2)

Sumber = https://m.liputan6.com/health/read/3459092/fungsi-8-bagian-tubuh-manusia-yang-jarang-anda-perhatikan-2


Start a Conversation

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Komentar anda akan di moderasi.