Jokowi Pastikan Holtekamp Pacu Perekonomian Di Jayapura

Jokowi Pastikan Holtekamp Pacu Perekonomian di Jayapura

jpnn.com, JAKARTA – Pembangunan jembatan Holtekamp di Jayapura, Papua, yang diperkirakan akan selesai akhir 2018 diyakini mampu memacu perekonomian di kawasan setempat.

Demikian disampaikan Presiden Joko Widodo saat meninjau pembangunan jembatan Holtekamp dalam rangkaian kunjungan kerjanya ke Papua, Kamis (12/4).

“Saya kira ini menjadi jembatan yang paling panjang yang kita harapkan akan menumbuhkan titik perekonomian baru di Jayapura dan sekitarnya,” ucap Presiden yang beken disapa dengan panggilan Jokowi.

Keyakinan mantan gubernur DKI Jakarta itu karena keberadaan jembatan Holtekamp memperpendek jarak dari kota Jayapura ke Skouw yang biasanya ditempuh 2,5 jam, dengan jembatan ini bisa ditempuh 1 jam.

Jembatan sepanjang 1.328 meter termasuk bentang utama 732 meter ini berada di atas Teluk Youtefa yang menghubungkan Kota Jayapura dengan Distrik Muara Tami di Provinsi Papua.

Dibangunnya Jembatan Holtekamp, selain memperlancar konektivitas juga akan mendorong pengembangan wilayah Kota Jayapura ke Timur yakni ke arah Skouw.

Hal ini juga ditunjang dengan pengembangan kawasan perbatasan Skouw sebagai embrio pusat ekonomi baru yang telah selesai bangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) dan dilanjutkan dengan pembangunan pasar.

“Ini dikerjakan dengan kolaborasi antara pemerintah kota, pemerintah provinsi, dan pemerintah pusat. Ada bagian-bagiannya sendiri-sendiri, yang bagus di situ,” kata Jokowi.

Selain mendorong perekonomian daerah, pembangunan selanjutnya adalah untuk kawasan wisata air sehingga menjadi lokasi wisata yang mampu menarik minat wisatawan.

“Kita harapkan juga selain titik pertumbuhan ekonomi baru, kawasan di sekitar jembatan ini juga menjadi tempat wisata yang indah, cantik, dan bagus,” harapnya.

Setelah melihat langsung jembatan tersebut, Presiden dan Ibu Negara Iriana didampingi Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Pj Gubernur Papua Soedarmo dan Walikota Jayapura Benny Tommy Mano juga mengitari jembatan tersebut menggunakan tug boat.(fat/jpnn)

Sumber = https://m.jpnn.com/news/jokowi-pastikan-holtekamp-pacu-perekonomian-di-jayapura?page=2


Start a Conversation

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Komentar anda akan di moderasi.