Saya Pikir Anies Ke Sini…”

Kehadiran Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara pada Sabtu (14/4/2018) dinantikan oleh para warga di sana. Tak hanya dari warga yang tinggal di shelter tapi juga tenda.

“Tadi saya pikir pak Anies akan lihat , mungkin dari jauh ‘kok masih ada tenda’ atau ada penasaran ada apa. Ternyata cuma di blok A aja ya,” kata Upi (39) di lokasi.

Dalam kunjungannya, Anies mendatangi beberapa rumah warga yang tinggal di shelter blok A sekitar 15 menit. Hal itu tidak dilakukan kepada warga yang tinggal di blok B, C dan tenda.

Upi mengatakan, dia dan 16 KK lainnya yang menetap di tenda adalah warga asli Kampung Akuarium. Namun, saat pembagian shelter dan lainnya dia tidak mendapatkan ruang.

Baca juga: Anies Ingin Kampung Akuarium Kembali seperti Semula

Padahal sambung dia, dirinya sudah tinggal selama 39 tahun di tempat itu. Menurut Dia, warga yang tinggal di shelter tidak semuanya warga asli Kampung Akuarium, alias pengontrak. “Kenapa tidak ada keadilan (untuk) yang di tenda,” katanya.

Hal serupa juga dinyatakan oleh Laila (40). Dia mengira Anies juga akan datang ke lokasi tempat tinggalnya saat ini. “Tahunya tadi pak Anies cuma ke blok A aja,” kata Laila.

Dia mengaku telah sejak lahir tinggal di Kampung Akuarium melanjutkan tinggal di rumah orang tuanya. Rumahnya dulu kini sudah ditempati sebagai shelter sementara dirinya tinggal di tenda.

Di Kampung Akuarium terdapat dua tenda besar hijau tua di dekat shelter B. Mereka membagi ruang-ruang dengan sekat berbahan triplek sebagai pembatas antar keluarga.

Penggunaan kamar mandi warga yang berada di tenda pun berbeda dengan shelter. Mereka membangun kamar mandi yang tertutup terpal berukuran 1 x 1 meter.

Pada kesempatan berbeda, saat ditanyakan soal keberadaan warga yang tinggal di tenda. Anies mengatakan akan mengecek soal status kependudukannya apakah warga asli atau bukan.

“Nantu dicek aja statusnya. Anda bisa cek apkah warga sini atau bukan, dari rumah susun atau bukan,” kata Anies.

Sebelumnya direncanakan akan dibangun 120 shelter untuk warga Kampung Akuarium. Namun, saat ini shelter hanya menampung 90 KK, 16 KK di tenda dan lainnya tak lagi tinggal di sana pasca penggusuran pada April 2016.

https://megapolitan.kompas.com/read/2018/04/14/17020041/-saya-pikir-pak-anies-ke-sini–

Saya Pikir Anies ke Sini..."
Saya Pikir Anies ke Sini..."

Kenapa tidak ada keadilan (untuk) yang di tenda,” katanya.

pencitraan bego dari gabener


Start a Conversation

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Komentar anda akan di moderasi.