Olahraga Sederhana Yang Dapat Dilakukan Di Rumah Saat Berlebaran

Olahraga Sederhana yang Dapat Dilakukan di Rumah saat Berlebaran
Tak terasa lebaran sebentar lagi, bulan puasa akan berakhir. Ritual tahunan menjelang lebaran menjadi ajang kembali berkumpul dengan keluarga di kampung halaman alias mudik.

Biasanya setelah sampai di kampung halaman pasti melupakan kegiatan olahraga sehingga membuat tubuh kaku.

Berolahraga sederhana dirumah ini menjadi solusi untuk tetap melatih tubuh dengan memanfaatkan alat sederhana yang ada di rumah, walaupun sedang di kampung halaman.

Gerakan olahraga ini sangat sederhana, namun sangat efektif sehingga tubuh tetap terasa sehat dan bugar. Berikut beberapa olahraga mudah yang bisa

1. Jogging
Olahraga Sederhana yang Dapat Dilakukan di Rumah saat Berlebaran
Jogging. Independent.ie
Tidak harus membeli alat treadmill agar bisa jogging dirumah. Cukup sederhana dengan memanfaatkan halaman di depan rumah, atau tempat yang sedikit lebih lapang untuk bisa melakukan jenis olahraga ini.

Sebelum melakukan jogging, sebaiknya  melakukan pemanasan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti cedera pada otot. Untuk waktu jogging juga tidak perlu terlalu lama, asalkan rutin dilakukan  bisa mendapatkan tubuh yang sehat.

2. Gerakan Duduk-Berdiri

Duduk-berdiri (anlene)
Olahraga ini sangat mudah dan sederhana untuk dilakukan,  cukup menyiapkan satu buah kursi sebagai medianya. Lakukan gerakan duduk selama tiga detik lalu berdiri. Lakukan gerakan tersebut berulang sesuai dengan irama.

Saat melakukan gerakan ini, pastikan  duduk dengan posisi tubuh tegak, dengan tatapan lurus kedepan dan posisi perut ditarik kedepan.

Gerakan ini berguna untuk melatih pernapasan dan melatih otot-otot kaki.

3. Naik-Turun Tangga
Olahraga Sederhana yang Dapat Dilakukan di Rumah saat Berlebaran
Naik turun tangga.
Jika rumah  memiliki dua lantai,  bisa memanfaatkan tangga yang ada untuk berolahraga. Olahraga ini, seperti olahraga jogging.  Cukup berjalan menaiki dan menuruni tangga seperti jalan biasa. Lakukan gerakan ini secara berulang dan berirama.

Menjelang akhir olahraga, tempo berjalan sedikit lebih cepat seperti berlari. Olahraga ini bertujuan melatih otot-otot kaki.

4. Gerakan Bridge
Olahraga Sederhana yang Dapat Dilakukan di Rumah saat Berlebaran
Bridge. (northphoenixfamily.com)
Gerakan bridge cukup sederhana, gerakan ini bisa  lakukan dengan memanfaatkan lantai sebagai medianya. Posisi awal untuk gerakan ini adalah,  berbaring terlentang dengan posisi tangan berada disamping badan, kemudian tekuk lutut namun betis tetap lurus dengan telapak kaki menyentuh lantai.

Kemudian angkat pinggul  hingga lurus dengan bahu, tahan selama tiga detik dan turunkan pinggul  secara perlahan. Lakukan gerakan tersebut secara berulang-ulang semampu yang  bisa. Gerakan ini berguna untuk melatih otot sekitar pinggul, dan otot bagian paha.

5. Gerakan Wall-sit

Wall sit. (wlsa.com.au)
Dengan  memanfaatkan dinding yang ada untuk melakukan gerakan ini. Carilah area diding yang kosong, berdirilah tegak membelakangi dinding dengan bagian punggung menempel pada dinding. Lalu turunkan badan dengan menekuk lutut sehingga tubuh seperti pada posisi duduk di kursi, setelah tiga detik berdirilah kembali.

Lakukan gerakan tersebut berulang-ulang semampu yang  bisa dengan irama yang sama. Gerakan ini berguna untuk melatih kekuatan otot perut dan otot bagian bawah tubuh.

Itulah beberapa olahraga ringan yang bisa lakukan dirumah dikala anda di kampung halaman.  Cukup sederhana bukan. Jangan lupa sebelum olahraga selalu awali dengan pemanasan. Pastikan untuk melakukannya secara rutin dan perbanyak minum air putih, untuk mendapatkan badan yang sehat dan bugar

Sumber:http://nysnmedia.com/olahraga-sederhana-yang-dapat-dilakukan-di-rumah-saat-berlebaran/


Start a Conversation

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Komentar anda akan di moderasi.