Pohon Tertua Di Eropa Yang Usianya Sampai 1.230 Tahun Lebih, Begini Wujudnya!

Halloo Gan&Sist kembali lagi nih hehe
Semoga masih mood ya buat baca-baca

Nah, kali ini saya punya info unik nih yang berasal dari Pollino National Park, Italia.

Pohon Tertua Di Eropa Yang Usianya Sampai 1.230 Tahun Lebih, Begini Wujudnya!

Sebuah tim peneliti baru-baru ini mempelajari taman nasional di Italia Selatan dan merekapun menemukan sesuatu yang mencengangkan. Dilansir dari Oddity Central, merekapun menemukan sebuah pohon pinus yang sangat tua yakni memiliki 1.000 tahun lebih dan masih terus tumbuh.

Pohon yang diberi nama Italus dengan jenis Pohon Heldreich’s Pine itu menjadi pohon tertua yang pernah ditemukan yang berada dilereng gunung yang curam di Pollino National Park, Italia. Terima kasih pada tim peneliti dari University of Tuscia yang dipimpin oleh Gianluca Povesan.

Ketika peneliti melihatnya, merekapun menyadarinya bahwa Pohon Italus adalah spesimen kuno, tapi mereka tidak pernah memyangka kalau usianya telah mencapai seribu tahun lebih. “Peningkatan yang diamati dalam beberapa dekade terakhir bertentangan dengan penurunan pertumbuhan yang biasanya terjadi seiring bertambahnya usia cambial, terutama mengingat penurunan pertumbuhan yang meluas dan jumlah kematian yang dialami oleh berbagai ekosistem Mediterania baru-baru ini,” tulis para peneliti itu dalam jurnal yang diterbitkan.

Ternyata cukup menantang untuk menentukan usia Pohon Italus secara akurat, karena bagian dalam dari pohon tersebut sudah memburuk karena beberapa faktor. Para penelitin pun melaporkan bahwa bagia dalam pohon tersebut sudah seperti debu dan mereka belum pernah melihat hal yang seperti itu sebelumnya.

“Bagian terdalam dari kayunya seperti debu, kami belum pernah melihatnya,” ujar Alfredo Di Filipino yang merupakan anggota dari tim peneliti tersebut pada National Geographic. “Ada sekitar 20 sentimeter bagian kayu yang hilang, dan mewakili banyaknya tahun,” tambahnya.

Beruntung para peneliti melihat sedikit pohon akar Italus itu karena pohon tersebut memang berada di sekitar lereng batu yang terjal. Para peneliti pun segera mengumpulkan sampel dan menganalisanya, tim peneliti menyimpulkan bahwa pohon Italus tersebut telah berusia 1.230 tahun. Italus juga mengalahkan pohon tertua di Eropa sebelumnya pernah ditemukan di Yunani dan telah berusia 1.075 tahun.

Nah, giaman gan&sist semoga terhibur yaah, dan jangan lupa Rating nya juga


Start a Conversation

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Komentar anda akan di moderasi.