Riset IRI, Popularitas Presiden Jokowi Tertinggi

Riset IRI, Popularitas Presiden Jokowi Tertinggi

Presiden Joko Widodo merupakan tokoh dengan tingkat popularitas tertinggi saat ini. Hal itu berdasarkan survei yang digelar oleh Intermedia Research Indonesia (IRI) beberapa waktu lalu.

Hasil riset IRI menunjukkan bahwa Presiden Jokowi merupakan tokoh yang paling banyak diberitakan media, yaitu mencapai 2.460.000 kali. Selain itu juga paling tinggi popularitasnya di media sosial dengan total pembahasan 15.800.000 kali.

Dengan data seperti itu maka dibandingkan dengan tokoh nasional lainnya, nama Joko Widodo tak tersaingi di puncak popularitas.

Penelitian IRI ini dilakukan dengan melihat pemberitaan di media massa dan semua pembicaraan pada media sosial dalam rentang waktu satu tahun, yakni sejak Juni 2017 hingga Juni 2018.

Untuk memperoleh datanya, IRI menggunakan dua pola penelitian. Pertama, memantau jumlah berita di media massa. Kedua, memantau semua pembicaraan di media sosial, mencakup share berbagai media online, website, dan media sosial seperti, Facebook, Twitter, Youtube, Instagram, Google Plus, LinkedIn, dan lainnya.

Tingginya popularitas Presiden Jokowi itu bukan tanpa sebab. Banyak faktor yang membuat Mantan Walikota Surakarta itu menjadi tokoh terpopuler, salah satunya karena kinerjanya.

Hal itu sebagaimana yang diungkapkan oleh politisi PDIP Masinton Pasaribu. Menurutnya, tingginya popularitas Presiden Jokowi itu berkat kerja nyatanya dalam merealisasi program-program pemerintah.  

Kemudian, dampak dari kerja nyata pemerintah itu dirasakan secara langsung oleh masyarakat. Sehingga masyarakat memberikan apresiasi yang positif kepada kinerja pemerintah.

Hal di atas juga menunjukkan bahwa keseriusan kerja Jokowi-JK mendapatkan apresiasi positif dari masyarakat. 

Kita memang harus akui, pemerintahan Presiden Jokowi ini sangat berbeda dibandingkan sebelum-sebelumnya. Berbagai program seperti pembangunan infrastruktur, penguatan pondasi ekonomi, pengentasan kemiskinan, perlindungan sosial, dan penciptaan keamanan benar-benar dikerjakan dengan baik. 

Itulah mengapa mayoritas masyarakat begitu ingin pemerintahan saat ini terus berlanjut di periode berikutnya. Dan kita dukung untuk Presiden Jokowi dua periode.


Start a Conversation

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Komentar anda akan di moderasi.