Pelayanan Kelurahan Di Era Anies Menurun

Jakarta: Salah satu warga Kelurahan Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat, Zahri, menyebut pelayanan administrasi kependudukan di zaman Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok lebih baik dari kepemimpinan Anies Baswedan. Saat ini, kepengurusan surat-surat lebih rumit.

“Beda dulu, beda sekarang. Selama PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) dipegang Pak Ahok itu beda. Lebih cepat Pak Ahok,” ujar Zahri kepada Medcom.id ditemui di kantor Kelurahan Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis, 19 Juli 2018.

Meskipun kini ada PTSP, kata dia, pelayanannya dianggap tetap berbelit. Beberapa warga kerap bolak-balik ke kelurahan untuk melengkapi dokumen persyaratan yang dibutuhkan.

“Sekarang sudah lumayan efektif, tapi lebih lambat. Kadang-kadang orang dibolak-balik, orang dipersulit,” bebernya.

Zahri menyesalkan pihak kelurahan tak memberi tahu atau memampang dokumen-dokumen yang harus dibawa ketika mengurus perizinan dan surat-surat. “Orang kalau mau bikin apa-apa enggak dikasih tahu prosedur dan persyaratanya dulu,” kata dia.

Namun demikian, Zahri mengapresiasi langkah kelurahan memberantas oknum yang memberi tarif dalam kepengurusan administrasi kependudukan. Pungutan liar (pungli) sudah tak lagi berkeliaran saat ini.

“Zaman Ahok sama sekarang tetap enggak ada pungli,” tukasnya.

Lurah Duri Kosambi Irwansyah Alam mengakui banyak warga yang diminta melengkapi dokumen persyaratan dalam mengurus surat dan perizinan di kelurahan. Warga kerap bolak balik ke kantor kelurahan.

“PTSP itu persyaratannya ketat, kadang-kadang warga balik lagi (melengkapi dokumen), itu saja masalahnya. Orang kan datang ke sini kadang cuma bawa KTP, KK, padahal kan harus ada surat-surat pengantar,” jelasnya.

Menurut dia, hal tersebut merupakan prosedur yang telah diberlakukan. “Kadang-kadang harus pulang dulu karena kurang persyaratan, makanya kadang dibilang ribet. Harus ikuti prosedurnya, enggak bisa langsung,” pungkas Irwansyah.
Editor : Juven Martua Sitompul

https://www.medcom.id/amp/8N0V67zk-pelayanan-kelurahan-di-era-anies-menurun


Start a Conversation

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Komentar anda akan di moderasi.