Relief Budha Swat Di Pakistan Yang Diledakkan Militan Pulih Kembali

JawaPos.com – Relief Budha di Swat yang diukir di tebing pada abad ketujuh pernah diledakkan dengan dinamit oleh Taliban Pakistan pada tahun 2007. Namun relief Budha Swat tersebut akhirnya bisa dipulihkan kembali.

Sosok suci tersebut berada di pangkal tebing granit di Pakistan Utara. Sebelumnya relief Budha Swat tersebut rusak parah akibat serangan para militan.

Serangan tersebut menghancurkan perasaan umat Budha karena dinilai menghantam jantung sejarah dan identitas unik yang dimiliki. Seorang ahli agama Budha Parvesh Shaheen mengatakan, serangan tersebut sama halnya membunuh ayahnya. “Mereka menyerang budaya saya, sejarah saya,” katanya, Kamis, (12/7).

Relief Budha di Swat yang diukir di tebing pada abad ketujuh pernah diledakkan dengan dinamit oleh Taliban Pakistan (Reuters)
Mengenang peristiwa tersebut, satu dekade lalu para militan memanjat patung Budha setinggi enam meter tersebut untuk meletakkan peledak. Hal tersebut otomatis membuat bagian atas wajah Sang Budha hancur.

Shaheen mengungkapkan, patung suci tersebut adalah simbol perdamaian, simbol cinta, simbol persaudaraan. “Kami tidak membenci siapa pun, agama apa pun. Apa ini omong kosong untuk membenci seseorang?,” ungkapnya seperti dilansir AFP.

Sang Buddha berada di Jahanabad, di episentrum warisan Budha Swat, sebuah kota di Pakistan yang merupakan sebuah lembah yang indah di kaki Bukit Himalaya. Selain Budha, Pemerintah Italia juga membantu melestarikan ratusan arkeologi di sana.

Pihaknya bekerja dengan pemerintah lokal yang berharap untuk mengubahnya menjadi tempat ziarah. Selain itu juga untuk menarik turis berdatangan.

(trz/JPC)

https://www.jawapos.com/internasional/12/07/2018/relief-budha-swat-di-pakistan-yang-diledakkan-militan-pulih-kembali

pendangkalan akidah, berhala kog dipulihkan kembali


Start a Conversation

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Komentar anda akan di moderasi.