Alotnya Koalisi Prabowo Yang Belum Final

Jakarta – Pentutupan pendaftaran Pilpres 2019 tinggal menghitung hari. Namun hingga saat ini, Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto masih belum juga mengumumkan cawapres maupun jajaran koalisinya.

Prabowo terlihat masih terus bergerilya dengan bertemu sejumlah tokoh partai politik, mulai dari Demokrat, PKS hingga PAN. Tak cuma itu, Prabowo juga kerap menghadiri acara yang diinisiasi oleh kelompok agama.

Seperti beberapa waktu lalu, Prabowo dan SBY saling bertemu. Pertemuan keduanya menghasilkan deal untuk berkoalisi di Pilpres 2019. Namun masih belum diketahui, apakah di balik deal itu ada nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang sebelumnya santer disebut bakal menjadi cawapres Prabowo.

Soal cawapres yang akan mendampingi Prabowo ini jadi hal menarik. Selain AHY, nama ustaz Abdul Somad juga kian santer dikabarkan bakal menjadi cawapres Prabowo. Prabowo pun tak keberatan dengan sodoran nama itu.

“Hasil diskusi tadi malam itu prinsipnya Pak Prabowo tak keberatan dengan UAS,” ujar Ketua DPP PAN Yandri Susanto di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (7/8/2018).

Begitupun dengan PKS. Meski sebelumnya menyodorkan nama Salim Segaf Aljufri, Presiden PKS Sohibul Iman mengatakan partainya tetap memberikan dukungan bila cawapres yang dipilih ustaz Abdul Somad.

“Karena ini keputusan konstitusi maka tidak ada tempatnya Salim Segaf memilih mundur tidak ada kata lain kecuali beliau ikut. Keputusan GNPF itu ada dua pasangan. Kami mendukung keputusan itu. Maka nanti siapa pun cawapresnya kami dukung. Tetapi untuk Salim Segaf mundur bukan pada konteksnya seperti itu karena ini keputusan konstitusi bukan pribadi,” kata Sohibul dalam jumpa pers di kantor DPP PKS, Jl TB Simatupang, Jakarta Selatan, Selasa (7/8/2018).

Safari politik Prabowo terus berlanjut hingga Selasa (7/8) malam. Prabowo bertemu dengan Ketum PAN Zulkifli Hasan di rumah Zulkifli, Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan, sekitar pukul 21.30 WIB, Selasa (7/8/2018).

Prabowo datang bersama rombongannya ke rumah Zulkifli, Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan, sekitar pukul 21.30 WIB, Selasa (7/8/2018). Ia datang bersama anggota Dewan Pembina Gerindra Fuad Bawazier.

Prabowo tak lama berada di kediaman Zulkifli Hasan. Hanya sekitar 15 menit ia di rumah Ketua MPR itu.

“Iya (Prabowo datang ke rumah Zulkifli),” ujar Fuad Bawazier di kediaman Zulkifli Hasan.

Ia lalu menyatakan Prabowo sudah siap mengumumkan cawapresnya pada Kamis (9/8). Kemudian mendaftar pada hari terakhir esok harinya. Fuad juga memastikan koalisi Prabowo solid.

“Koalisi dari dulu solid,” tuturnya.

Meski begitu, PAN menyebut pertemuan tersebut belum menemukan kesepakatan dalam koalisi Pilpres 2019.

“Tadi ada beberapa hal yang sifatnya lebih detail, lebih mikro. Ini tetapi dalam rangka kita berproses dalam menentukan koalisi. Jadi, kalau kita bilang final, belum final juga. Kita bilang lanjut, ya cukup lanjut,” ujar Sekjen PAN Eddy Soeparno di rumah Zulkifli, Jl Widya Chandra, Jakarta, Selasa (7/8/2018) malam.

https://news.detik.com/berita/d-4155364/alotnya-koalisi-prabowo-yang-belum-final

Alot karena bingung, karena panik. Saling berebut kursi cawapres, bukan untuk memenangkan pilpres, tapi sekedar menyelamatkan suara elektoral di legislatif. Miris memang koalisi oposisi…..


Start a Conversation

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Komentar anda akan di moderasi.