Efektif, Pemerintahan Jokowi-JK Terapkan Prinsip Money Follow Program

Efektif, Pemerintahan Jokowi-JK Terapkan Prinsip Money Follow Program
Era pemerintahan Jokowi-JK ditandai dengan mulai diterapkannya tradisi baru dalam perencanaan anggaran, yakni prinsip money follow program berbasis outcome.

Presiden Jokowi tidak ingin tradisi lama terulang lagi, yakni money follow function atau setiap fungsi aparatur negara mendapatkan kenaikan anggaran yang setara.

Prinsip anggaran money follow program berbasis outcome ini merupakan pendekatan penganggaran yang lebih fokus pada program/kegiatan yang terkait langsung dengan prioritas nasional serta memberikan dampak langsung bagi masyarakat. 

Anggaran yang diberikan kepada setiap aparatur harus disesuaikan dengan prioritas program yang ditentukan bersama. 

Dengan diterapkannya money follow program ini pemerintah pada Kementerian/Lembaga (K/L) di 2017 bisa berhemat hingga Rp 14,8 triliun.

Presiden Jokowi menilai selama ini perencanaan dan penganggaran yang yang kurang fokus akan menghambat pembangunan nasional. Bahkan beberapa tujuan dan target pemerintahan kerap meleset.

Oleh karena itu, Presiden ingin perencanaan harus terintegrasi, terkonsolidasi, terorganisir antar sektor, antar wilayah, antar pusat dan daerah, serta tidak ada lagi ego sektoral.

Dengan menerapkan prinsip di atas, pemerintahan Jokowi-JK mengarahkan penganggaran berorientasi pada program yang bersentuhan dengan rakyat, dan program itu diharapkan bisa membawa multiplier effect.

Pada tahun depan, pemerintah akan tetap menitikberatkan pada penguatan pelaksanaan money follows program dengan pendekatan tematik, holistik, integratif dan spasial.

Dengan prinsip money follow program, pemerintah juga bsa memastikan prioritas pembangunan sesuai RPJMN bisa berjalan dengan baik. 

Kita sendiri sangat mendukung penerapan prinsip penggaran seperti di atas. Masyarakat luas sangat berharap agar anggaran negara itu, dimana sebagian besar adalah hasil dari pajak rakyat, bisa membawa manfaat yang luas kepada publik.


Start a Conversation

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Komentar anda akan di moderasi.