Pidato Di MPR, Jokowi Pamer Sudah Bagikan Jutaan Sertifikat Tanah

Presiden Joko Widodo memaparkan capaian-capaiannya dalam sidang tahunan MPR yang digelar di komplek parlemen, Senayan, Jakarta. Di antaranya Jokowi membanggakan program bagi-bagi sertifikat tanah yang getol dikerjakan dan dipercepat Jokowi.

“Langkah percepatan ini membuat penerbitan sertifikat dari yang tadinya hanya selesai 500 ribu atau 800 ribu bidang sertifikat per tahun, saat ini sudah jutaan sertifikat tanah bisa diselesaikan setiap tahunnya,” ucap Jokowi di komplek parlemen, Jakarta, Kamis (16/8).

Jokowi Suasana Sidang Tahunan MPR

Menurutnya, pembagian sertifikat tanah itu agar rakyat terhindar dari konflik kepemilikan lahan dan juga rakyat memiliki kepastian hukum atas kepemilikan aset, sehingga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi produktif serta peningkatan kesejahteraan keluarga.

“Tahun lalu, target 5 juta sertifikat tanah sudah tercapai dan pada tahun 2018, dan tahun 2019 target yang ingin dicapai akan terus meningkat,” tuturnya. Targetnya, hingga tahun 2024 selesai 126 juta bidang tanah.
Bersamaan dengan sertifikasi tanah, pemerintah juga terus menggencarkan reforma agraria dan redistribusi lahan. Sampai tahun 2017 telah dilepaskan area dari kawasan hutan negara sekitar 977 ribu hektare.

“Begitu juga untuk Perhutanan Sosial, sudah diberikan 1,7 juta hektare akses kawasan hutan yang dapat dikelola oleh masyarakat,” lanjutnya.
Proses pengelolaan lahan kawasan hutan itu disertai dengan pendampingan agar tujuan utama untuk peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat bisa tercapai. Keberpihakan pada rakyat juga turut diwujudkan pemerintah dengan program pembangunan sejuta rumah.
“Untuk memenuhi salah satu kebutuhan dasar rakyat, pemerintah juga memperluas akses perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah,” pungkasnya.

https://m.kumparan.com/@kumparannews/pidato-di-mpr-jokowi-pamer-jutaan-sertifikat-tanah-sudah-dibagikan-1534391242493790011

pleciden millenial kerjanya bagi2 sertifikat


Start a Conversation

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Komentar anda akan di moderasi.