Diloloskan Bawaslu, Taufik Tetap Gagal Nyaleg

RMOL. Keinginan Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta, Mohamad Taufik untuk duduk kembali di Gedung Kebon Sirih, sepertinya sulit terealisasi.

Komisioner KPU DKI Jakarta, Ilham Saputra mengatakan, Taufik tetap dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) sebagai bakal calon legislatif (bacaleg), meski Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) meloloskan Taufik sebagai bacaleg DPRD DKI Jakarta.

Sebab, status Taufik sebagai mantan narapidana korupsi. Hal ini sesuai Peraturan KPU (PKPU) Nomor 20 tahun 3018 pasal 4 ayat 3, di mana mantan narapidana korupsi dilarang maju sebagai wakil rakyat.

Sementara, Bawaslu, dalam memutus sengketa, berpegang pada UU Nomor 7 Tahun 2017 yang tidak memuat larangan mantan napi korupsi. Sejak masa verifikasi bacaleg, Taufik dinyatakan TMS sebagai bacaleg sehingga tak dimasukkan ke Daftar Calon Sementara (DCS).

Lantaran itu, KPU memastikan tak akan menetapkan Taufik sebagai caleg, serta tidak memasukan namanya di DCT 20 September 2018 mendatang.
“Dia kan dari DCS sudah TMS,” kata Ilham, dilansir RMOLJakarta, Selasa (11/9).

Ilham mengatakan, bacaleg yang ditetapkan menjadi caleg namanya harus masuk ke DCT. Dalam kasus Taufik, kesempatan untuk bisa ditetapkan sebagai caleg hanya jika uji materi Mahkamah Agung (MA) terhadap PKPU menyatakan, larangan mantan napi korupsi untuk nyaleg menyimpang dari UU Pemilu.

Seperti diketahui, saat ini tengah dilakulan uji materi PKPU di MA. Namun, proses tersebut harus tertunda lantaran Undang-undang Pemilu yang menjadi acuan PKPU juga tengah diuji materi di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Dia (M Taufik) harus masuk di DCT, tapi kan dia sekarang betul-betul ditolak. Dia kan mesti mengajukan (uji materi) PKPU,” tutur Ilham.

Sementara itu, MA sampai saat ini masih mempelajari materi gugatan judicial review (JR) terhadap PKPU tersebut.[lov]

https://politik.rmol.co/read/2018/09/11/356825/Diloloskan-Bawaslu,-Taufik-Tetap-Gagal-Nyaleg-

MAMFUSS…

TAFI KALAU JADI WAGUB YA SUDAH BRARTI BAHAGIA WARGANYA


Start a Conversation

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Komentar anda akan di moderasi.