Lesmandri Dan Photography

Lesmandri Dan Photography
Foto : LM/Les Mandri

Beberapa tahun yang lalu nama Lesmandri sangat akrab dalam dunia tari dan silat Kumango di Sumatera Barat. Hal tersebut tentu berkat kemampuan serta bakatnya yang mumpuni dalam dua bidang tersebut. Berkat kemampuannya, Lesmandri anak muda Batusangkar ini, banyak mengantongi berbagai penghargaan di dunia tari serta meraih penghargaan tertinggi dalam dunia pencak silat di Sumatera Barat. Di kalangan anak muda kala itu, nama Lesmandri masuk dalam kategori pemuda berprestasi, yang telah membawa nama kota kelahirannya ke ajang festival bergengsi baik dalam maupun luar negeri.

Lesmandri Dan Photography
Foto : LM/Les Mandri

Di Dunia tari, Lesmandri yang akrab dipanggil Les, tercatat sebagai anggota senior dari kelompok tari Gumarang Sakti Minangkabau Dance Companny, yang cukup dikenal di Sumatera Barat bahkan Indonesia, pimpinan koreografer wanita terkenal Indonesia Gusmiati Suid (alm). Di samping itu, dalam dunia Pencak Silat aliran silat Kumango, salah satu aliran silat tradisi yang ada di Sumatera Barat, Lesmandri adalah seorang pembina dan telah masuk ke dalam jajaran dewan guru, di asosiasi pencak silat Tanah Datar Batusangkar, khususnya silat Kumango. Akan tetapi Lesmandri belakangan ini menghilang dari dua dunia yang sempat mengangkat namanya itu. Kemana dan apa yang dilakukan Lesmandri selama kurun waktu ia menghilang dari dunia yang digelutinya selama ini?. Mari kita simak bersama.

Selama Dua tahun belakangan ini, diam-diam Les mempelajari ilmu photography. Hobi ini mulai ia minati semenjak kegemarannya mengabadikan moment-moment menarik melalui lensa foto pada kamera handphone yang ia meliki. Lama kelamaan hobinya itu ia tekuni dan akhirnya memutuskan untuk mendalami ilmu photography secara serius dan mendalam.
Tidak tanggung-tanggung, Les langsung pindah ke camera DSLR/digital kamera, dengan membeli kamera Canon 80D lensa tele 70-200 mm. Dengan telah memiliki peralatan kamera digital setingkat profesional ini, Lesmandri mulai memburu objek apapun dan mengasah insting seni yang ia miliki sebelumnya. Di sini bisa kita lihat hasil jepretan kamera digital yang telah dilakukan Lesmandri.

Pacu Jawi di Tanah Datar Batusangkar, mendapat penghargaan pada kategori sport 2018

Lesmandri Dan Photography
Foto : LM/LesMandri

Lesmandri menyukai semua jenis photo. baik landscape, blue hour, nightshot, stell wool, macro, sport, arsitektur, portrait, still life, abstrak, human interest, animal dll. Menurutnya karya photography hampir sama dengan karya seni lainnya yang tetap memakai unsur norma, kaidah estetika. Maka, Photography penting dipelajari untuk bukti fisik yang autentik dari sebuah karya apapun, ungkap Lesmandri.

Foto kategori yang dapat penghargaan best animal 2018
Lesmandri Dan Photography

Berkat kegigihan dan keseriusan Lesmandri dalam mengasah kemampuannya di dunia photography selama jangka waktu dua tahun, ia telah meraih berbagai penghargaan. Menurutnya, capaian prestasi atas kemahirannya dalam dunia photogaphy yang masih tergolong baru ia geluti, merupakan akumulasi dari hasil pengembaraan seni estetika yang telah ia awali dalam dunia tari atau koreografi sebelumnya. Dengan bermodalkan berbagai pengalaman seni yang ia tekuni sebelumnya, Les tidak terlalu kesulitan beradaptasi dengan konteks estetika dalam dunia photography. Les juga memberikan pernyataan bahwa, photography adalah karya seni lukisan cahaya yang tetap memakai unsur komposisi warna atau tone background serta filosofi agar photo tersebut memiliki roh yang kuat.

Best Of The Day 2018

Lesmandri Dan Photography
Foto : LM/Les Mandri

Bagi Lesmandri, dunia photography bisa menjadi media untuk menjembatani tali silahturahmi, pesan adat dan budaya. Hal yang berhubungan sama adat dan budaya dalam photography, menurut Les sangat sejalan dengan dunia tari dan silat yang ia geluti sebelumnya. Sehingga dunia photography baginya merupakan ruang yang dapat melanjutkan ekspresi estetika, seperti dalam dunia tari dan silat yang tak henti menggiringnya mengembara dalam dunia imajinasi, fantasi yang bernilai seni tinggi. 

Pengahargaan Kategori Photography  Patroits 2018

Lesmandri Dan Photography
Foto : LM/Les Mandri

Semoga semua capaian prestasi dalam dunia photography  yang telah dicapai Lesmandri, menjadi pemicu semangat generasi muda lainnya, terutama yang mencintai dunia seni photography.

Benny Krisnawardi – Manari Art Centre


Start a Conversation

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Komentar anda akan di moderasi.