Pemerintah Tak Bisa Jaga Rupiah, Mahasiswa Bandung Bakar Ban Di Dago

BANDUNG, iNews.id – Ratusan mahasiswa yang tergabung dari berbagai elemen berunjuk rasa di Simpang Dago, Bandung, Jawa Barat, Selasa (18/9/2018) malam. Mereka prihatin dengan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

Keprihatinan mereka diungkapkan dengan membakar ban bekas di tengah jalan. Dalam aksi yang berlangsung hingga malam, mahasiswa menutup jalan sambil berorasi.

Mereka menilai melemahnya rupiah terhadap dolar AS merupakan bentuk ketidakmampuan pemerintah dalam mengatasi ekonomi. Akibat aksi tersebut, ruas jalan di Simpang Dago mengalami kemacetan.

Video Editor: Khoirul Anfal

https://www.inews.id/jabar/amp/251877/pemerintah-tak-bisa-jaga-rupiah-mahasiswa-bandung-bakar-ban-di-dago

Dolar AS Sedang Bermasalah, Mampukah Rupiah Menyalip?

Jakarta, CNBC Indonesia – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) masih melemah hingga tengah hari ini. Positifnya, dolar AS sudah bisa didorong ke bawah Rp 14.900.

Pada Rabu (19/9/2018) pukul 12:21 WIB, US$ 1 diperdagangkan Rp 14.890 di pasar spot. Rupiah melemah 0,27% dibandingkan penutupan perdagangan hari sebelumnya.

Kala pembukaan pasar, rupiah stagnan di Rp 14.850/US$. Seiring perjalanan pasar, rupiah bergerak melemah dan dolar AS sempat merasakan dinginnya level Rp 14.900.

Baca: Dolar AS Tembus Rp 14.900 Lagi, Rupiah Masih Terlemah di Asia

Namun kemudian keperkasaan dolar AS mulai mengendur. Rupiah pun mampu menipiskan pelemahannya meski masih di zona merah.

Berikut pergerakan kurs dolar AS terhadap rupiah hingga tengah hari ini:

Di Asia, dolar AS yang awalnya melaju kini mulai melambat. Sejumlah mata uang utama Benua Kuning seperti rupiah bisa mengurangi kadar depresiasi, bahkan ada beberapa yang sudah berbalik menguat.

Namun karena rupiah masih melemah 0,27%, mata uang Tanah Air menjadi yang terlemah di Asia. Disusul oleh won peso Filipina dan won Korea Selatan.

Berikut perkembangan kurs dolar AS terhadap sejumlah mata uang Asia pada pukul 12:22 WIB:

https://www.cnbcindonesia.com/market/20180919123807-17-33802/dolar-as-sedang-bermasalah-mampukah-rupiah-menyalip

#2019gantipleciden


Start a Conversation

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Komentar anda akan di moderasi.