SBY Pamerkan Keberhasilannya Selama 10 Tahun Memimpin

JawaPos.com – Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan orasi politiknya dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-17 Demokrat di Djakarta Teater, Senin (17/9) malam. Dalam paparannya, SBY membeberkan sejumlah keberhasilannya di bidang perekonomian.

SBY mengklaim selama kepemimpinannya 10 tahun, perekonomian Indonesia tumbuh rata-rata 6 persen. Selain itu, dia menyebut kalau pengangguran turun dari 9,9 persen menjadi 5,7%.

“Kemiskinan juga turun dari 16,7% menjadi 10,96%, artinya kita bisa menurunkan angka kemiskinan sekitar 6%, atau setara dengan 8,6 juta orang yang keluar dari jerat kemiskinan,” ucap SBY dalam orasi politiknya.

Sementara itu, SBY menuturkan, pendapatan perkapita Indonesia saat itu pun naik lebih dari 3x lipat dari Rp 10,55 Juta menjadi Rp. 36,5 Juta. Dia bilang, kenaikan tajam ini membuktikan bahwa kehidupan rakyat Indonesia makin sejahtera.

“Rasio utang Pemerintah terhadap PDB juga menurun tajam dari 56,6% menjadi 25,6%, termasuk dapat kita lunasinya utang IMF lebih cepat dari jadwalnya,” tuturnya.

Selain berbagai capaian itu, selama 10 tahun kepemimpinannya pun berhasil membangun pertanian, perindustrian, energi, transportasi dan infrastruktur di seluruh tanah air. Khusus bidang

, pemerintahnnya berhasil tingkatkan secara signifikan dari 25.000 Mega Watt menjadi 50.000 Mega Watt atau naik 100%.
Sementara di bidang infrastruktur fisik, pihaknya juga membangun bukan hanya prasarana perhubungan, tetapi juga prasarana pendidikan,

, perumahan, dan lainnya. Hal itu pun mencakup dari kota-kota besar sampai daerah pedesaan.
“Atas capaian tersebut, sejak tahun 2008, Indonesia menjadi anggota G-20 atau grup negara-negara dengan

terbesar dunia,” pungkasnya.
(aim/JPC)

https://www.jawapos.com/nasional/politik/17/09/2018/sby-pamerkan-keberhasilannya-selama-10-tahun-memimpin

kodok goblog mo dibandingin ama beliau ya jauh lah..mana ada cerita ai don rit wat ai sain waktu beliau memimpin?


Start a Conversation

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Komentar anda akan di moderasi.