Di Rusia, Panggilan Dengan Nama Binatang Bisa Berarti Pujian Atau Sifat Tertentu

Jumat, 11 Januari 2019 | 15:50 WIB

Di Rusia, Panggilan dengan Nama Binatang Bisa Berarti Pujian atau Sifat Tertentu

KOMPAS.com – Setiap negara di dunia mempunyai kekhasan tersendiri, termasuk berkomunikasi dengan orang lain atau panggilan dengan nama tertentu.

Sengaja atau tidak, kadang-kadang panggilan ini bisa menimbulkan ketegangan antara kedua belah pihak yang berkomunikasi.

Di Indonesia misalnya, cacian dengan nama-nama binatang dapat menimbulkan emosi bahkan perkelahian.

Orang-orang Rusia pun juga memiliki tradisi serupa. Bedanya, tradisi memanggil nama binatang di Rusia tak selalu bermakna buruk. Ada kalanya nama binatang memiliki makna positif dan dianggap membawa kebaikan

Apa saja? Berikut ulasannya:

1. Sapi dan Banteng

Sapi dalam bahasa Rusia sering disebut korova. Memanggil korova pada seorang gadis sebuah penghinaan besar. Panggilan itu menunjukkan bahwa ia gemuk dan canggung.

Sementara, memanggil byk (banteng) pada seorang pria juga dianggap menghina.

Hal ini didasarkan pada tahun 1990-an, orang-orang memanggil preman atau bandit berwajah bengis yang suka memeras dengan sebutan byk. Maka dari itu konotasi negatif melekat pada nama itu.

Namun. jika berkata lain seperti menyanjung kesehatan dan gemuk seperti byk bisa ditoleransi.

2. Kambing

Kambing merupakan nama sensitif di Rusia jika ditujukan kepada orang. Dalam bahasa Rusia, kambing dinyatakan sebagai kozyol.

Kozyol banyak dikaitkan dengan seseorang petugas penjara yang terkenal pada era sebelum dan sesudah Perang Dunia II. Oleh karena itu, merupakan sebuah penghinaan jika memanggil nama itu.

Sementara untuk kambing betina (koza) kepada perempuan bukan sesuatu yang terlalu menghina karena mempunyai makna perempuan itu ceroboh.

3. Anak kucing dan kelinci

Berbeda dengan hewan-hewan di atas. Untuk memanggil seseorang dengan kucing (kotik, kiska, kotyonok) maupun anak kelinci (zaichik) sering kali digunakan untuk memanggil orang terkasih baik itu anak maupun pacar.

Ada juga yang unik, orang Rusia mengganti nama mereka pada kontak ponsel dengan nama-nama hewan tersebut.

4. Rusa

Untuk rusa, penggunaan hampir sama dalam bahasa Inggris yang merujuk pada seorang bujangan.

Namun, dalam bahasa Rusia, rusa jantan (olen) ditujukan untuk lelaki pelupa maupun sembrono dan untuk wanita yang biasanya bercerita tentang kekasih mereka.

5. Kuda

Memanggil orang dengan kuda memiliki makna ganda. Pertama, kuda (loshad) ditujukan kepada pria maupun perempuan yang menunjukan bahwa dia giat bekerja atau pekerja keras.

Versi kedua, kuda (kon) ditujukan untuk seorang lelaki pemabuk berat.

6. Angsa

Ketika kita melihat angsa, hal yang terlihat adalah memiliki perilaku egois dan kadang agresif.

Jika seorang memanggil nama angsa (gus) kepada seseorang berarti menunjukan bahwa itu merupakan orang yang licik dan egois.

Gus juga merujuk pada sikap orang yang berbuat kurang baik.

7. Elang dan Falcon

Elang memiliki naluri pemangsa dan berani dalam memangsa. Elang merupakan hiburan favorit bagi para tsar dan bangsawan Rusia ketika itu karena kegagahan dan keberaniannya.

Jika seorang dipanggil dengan nama elang (oryol) berarti dia tampan dan memiliki sifat pemberani.

8. Beruang

Rusia terkenal dengan beruang. Ketika seseorang dipanggil medved (beruang) oleh seseorang, berarti itu melihat dari diri kita yang canggung. Namun hal itu tak berkonotasi negatif.

Sementara ada panggilan lain, yakni miskha yang begitu populer. Namun, jika memanggil miskha kepada perempuan berarti menunjukan kepada orang itu bahwa dirinya orang asing.

https://internasional.kompas.com/read/2019/01/11/15505881/di-rusia-panggilan-dengan-nama-binatang-bisa-berarti-pujian-atau-sifat

Ayo anak-anak, coba sebutkan nama-nama hewan….

Di Rusia, Panggilan dengan Nama Binatang Bisa Berarti Pujian atau Sifat Tertentu


Start a Conversation

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Komentar anda akan di moderasi.