Elektabilitas Jokowi-Maruf Tetap Unggul Di Jatim Berdasarkan Survei SSC Terbaru

Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Tetap Unggul di Jatim Berdasarkan Survei SSC Terbaru

Pasangan capres-cawapres nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf Amin, diprediksi akan tetap unggul dibandingkan lawannya di Jawa Timur. Hal ini berdasarkan survei terbaru yang dilakukan Desember kemarin.

Berdasarkan hasil sigi terbaru dari Survei Surabaya Survei Center (SSC) menunjukkan elektabilitas Jokowi-Ma’ruf mencapai 55,9 persen suara, sedangkan Prabowo-Sandiaga Uno memperoleh 32,1 persen suara.

Sisi popularitas dan akseptabilitas Presiden Jokowi masih lebih unggul dari Prabowo Subianto. Presiden Jokowi meraih 97,7% untuk popularitas dan 89,2% untuk akseptabilitas, sedangkan Prabowo mendapat 94,5% untuk popularitas dan 75,5% untuk akseptabilitas.

Sementara itu, Cawapres KH Ma’ruf Amin mendapat 72,2% untuk popularitas dan 60,8% untuk akseptabilitas, sedangkan Sandiaga Uno mendapat 71,6% untuk popularitas dan 62,8% untuk akseptabilitas.

Meskipun demikian, Direktur SSC, Mochtar W. Oetomo menyatakan bahwa meskipun berhasil memimpin kontestasi dengan jarak yang cukup jauh, Timses Jokowi-Ma’ruf tidak boleh terlena dan merasa cepat puas, serta perlu mengantisipasi perolehan suara dari 12% ‘undiceded voters’.

Jawa Timur adalah wilayah basis Jokowi sejak 2014. Kemenangan Jokowi-Ma’ruf di daerah ini menjadikan dirinya berpeluang besar untuk memenangi Pilpres 2019.


Start a Conversation

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Komentar anda akan di moderasi.