Fakta Dibalik Peralihan Indovision Ke MNC Vision

MNC Vision merupakan stasiun televisi yang mempunyai satelit berlangganan. Mulanya, didirikannya MNC Vision ini adalah peralihan dari stasiun televisi yang bernama Indovision, Okevision, dan Top TV. Adanya peralihan saluran satelit berlangganan ini berada di bawah PT MNC Sky Vision Tbk yang kian waktu melihat pangsa pasar dan kebutuhan zamannya.
MNC Vision atau PT. MNC Sky Visi
Fakta Dibalik Peralihan Indovision ke MNC Vision
on
Tbk ini didirikan dengan nama PT Malicak Semesta sejak tanggal 08 Agustus 1988 di Jakarta. Perusahaan ini berdiri berdasarkan Akta Pendirian No. 80 dari Menkumham SK. No. C2-4952. HT.01.01.TH.89 tanggal 3 Juni 1989.

Perusahaan ini merupakan pemegang lisensi pendistribusian tayangan televisi berlangganan perdana yang ada di Indonesia, yang waktu itu dikenal dengan IndoStar-1 atau Cakrwala-1. Perusahaan ini mulai beroperasi dan membuka layanan saluran DTH sejak tahun 1994 dengan 137 saluran dengan 32 chanel istimewa (ekslusif).

Pada tahun 1991, di bawah PT Media Citra Indostar, Indovision memberikan layanan pendistribusian tayangan-tayangan saluran televisi, mulai dari tayangan lokal hingga manca negara. Pada waktu itu, Indovision memberikan layanan secara optimal dengan menggunakan dekonder dan antena parabola yang berukuran 80 cm.

Waktu itu, Indovision masih memiliki program layanannya dengan menggunakan layanan analog C-Band Direct Broadcast Satellit (DBS), sedangkan salurannya menggunakan sateltit Palapa C-2. Layanan analog C-Band DBS ini memberikan layanan yang menampilkan program-program internasional (HBO-Asia, Star TV, Discovery dll) dan juga lokalitas.

Kemudian pada tahun 2008, MNC Sky Vision di bawah naungan Global Mediacom, memperluas pangsa pasarnya untuk juga bisa dinikmati di kelas menengah ke bawah, yaitu dengan menghadirkan produk TV berlangganan dengan nama TopTV. Satu tahun kemudian, tepatnya tanggal 16 Mei 2009, MNC Sky Vision kembali meluncurkan satelit Indostar II. Satelit ini memiliki 32 transponder yang berfungsi sebagai penguat gelombang frekuensi S-Band.

Barulah pada tanggal 12 Desember 2017 MNC Sky Vision yang mempunyai tiga saluran televisi berlangganan (Indovision, Okevision, dan TopTV) berganti nama menjadi MNC Vision. Evolusi ini terjadi karena perseroan melihat adanya perubahan dan perembangan zaman yang sesuai dengan kebutuhan pasar industri TV berlangganan.

Selain itu, inovasi terjadi karena tak ingin mengecewakan pelanggannya sehingga memberikan layanan dengan kualitas yang lebih bagus, seperti layanan PVR (Perseonal Video Record), HD (High Definition), VOD (Video On Demand), Multi Dekoder, dan juga Moviebay. MNCvision memliki lebih dari 137 chanel yang menghadirkan tayangan dari berbagai genre, mulai dari Kids, News, Sport, dan juga Movie.

sumber: https://langgananmncvision.net/apa-itu-mncvision/


Start a Conversation

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Komentar anda akan di moderasi.