Meski Telah Izin, Anies Baswedan Tetap Melakukan Kesalahan, Apa Itu Kesalahannya?

Meski Telah Izin, Anies Baswedan Tetap Melakukan Kesalahan, Apa Itu Kesalahannya?

Pelanggaran penyalahgunaan wewenang sedang mengintai Anies Baswedan. Gubernur DKI Jakarta itu dianggap menyalahi aturan berkampanye bagi kepala daerah.

Sebelumnya, Anies memang telah mengajukan izin untuk menghadiri Konferensi Nasional Partai Gerindra ke Kemendagri. Menurut aturan, asalkan sebagai tamu undangan maka tak masalah bila Anies hadir di acara itu.

Namun, Anies tetap melakukan kesalahan karena turut mengacungkan gestur dua jari tanda kampanye Pasangan Capres dan Cawapres Prabowo saat dirinya menghadiri acara Gerindra. Hal itu sudah dianggap kampanye.

Padahal, untuk berkampanye seorang kepala daerah harus mengajukan cuti, sebagaimana diatur dalam Pasal 35 sampai 40 PP Nomor 32 Tahun 2018 sebagaimana juga diatur dalam PKPU Nomor 23 Tahun 2018.

Saat ini, Bawaslu masih menyelidiki dugaan pelanggaran yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta itu. Menurut Ketua Bawasku Abhan, pihaknya memiliki waktu 14 hari untuk menentukan apakah memenuhi unsur kampanye atau tidak.

Setelah penyelidikan selesai, akan segera diputuskan apakah Anies bersalah atau tidak. Bila bersalah tentu saja Anies akan menerima ganjarannya.

Masyarakat sebaiknya dapat melihat permasalahan ini dengan lebih jernih. Beberapa kasus yang pernah terjadi sebelumnya juga telah melewati proses.

Hingga saat ini terkait kasus Anies masih menjadi kewenangan Bawaslu sehingga agar bersikap hati-hati terhadap informasi dan provokasi yang bertebaran di media sosial. Kita tunggu saja kelanjutannya.


Start a Conversation

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Komentar anda akan di moderasi.