Pemerintahan Jokowi Berhasil Membangun Pelayanan Publik Yang Terintegrasi

Pemerintahan Jokowi Berhasil Membangun Pelayanan Publik yang Terintegrasi

Selama empat tahun ini, pemerintahan Presiden Jokowi barhasil membangun pelayanan publik yang terintegrasi. Sehingga, masyarakat dapat merasakan betul manfaatnya.

Selain itu, penguatan juga dilakukan dari dua sisi, yakni regulasi dan tindakan pencegahan yang kian efektif. Hal tersebut terungkap dalam Diskusi Publik “Pelayanan Rakyat yang Bebas Korupsi yang digelar Kantor Staf Presiden di Gedung Bina Graha, Jakarta, 09 Januari 2019.

Deputi II Kepala Staf Kepresidenan, Yanuar Nugroho, memberikan contohnya melalui implementasi program Mall Pelayanan Publik. Mall yang terintegrasi ini sudah tersedia di 9 lokasi dengan layanan yang mencapai ratusan jenis, dan akan terus ditingkatkan jumlahnya di seluruh Indonesia.

Pasalnya, Mall Pelayanan Publik telah terbukti memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengurus dokumen kelahiran sampai dengan kematian, hingga dokumen kerja untuk menjadi TKA sampai purna dalam satu tempat.

Pungli memang belum bisa diberantas sampai angka nol. Tapi capaian di berbagai sektor menunjukkan kemajuan yang berarti.

Pungli di sektor kesehatan misalnya, turun dari 14% di tahun 2016 menjadi 5% pada tahun 2018. Di sektor administrasi publik, turun dari 31% ke 17% pada periode yang sama. Di bidang pendidikan, turun dari 18% ke 8% dan di sektor kepolisian dari 60% menjadi 34%

Apa yang disampaikan oleh Yanuar Nugroho tersebut juga dibenarkan oleh mantan Ketua KPK, Antasari Azhar. Menurutnya, pencegahan korupsi di era pemerintahan Presiden Jokowi sangat terasa.

Buktinya, indeks persepsi korupsi semakin membaik karena adanya peningkatan pelayanan publik yang semakin baik dan bersih.

Inilah salah satu capaian penting yang dilakukan oleh Presiden Jokowi dan perlu dilanjutkan ke depannya.


Start a Conversation

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Komentar anda akan di moderasi.