Prabowo Klaim Surabaya-Merauke Tenggelam, Pakar Geologi Tak Temukan Laporan Soal Itu

Prabowo Klaim Surabaya-Merauke Tenggelam, Pakar Geologi Tak Temukan Laporan Soal Itu
Kabar bohong nan menyesatkan kembali disampaikan oleh calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto. Kali ini terkait dengan kenaikan air laut dan perubahan iklim dunia.

Prabowo menyebut saat ini Indonesia sedang menghadapi tantangan perubahan iklim, Bahkan katanya, wilayah Jakarta, Pantura Jawa, Surabaya sampai Merauke akan tenggelam. Sedangkan untuk peningkatan permukaan laut akan naik 5 hingga meter.

Meski kelihatannya meyakinkan, ternyata pakar Geologi menampiknya. Pakar Geologi ITS Amin Widodo, misalnya.

Dia mengatakan belum pernah mendengar laporan yang disebut oleh Prabowo. Namun dia tidak menampik dalam beberapa tahun terakhir ini ada perubahan iklim.

Perubahan iklim adalah niscaya, tetapi tak seperti yang digambarkan Prabowo tersebut. Hal itu sangat berlebihan.

Naiknya permukaan air laut dan diperkirakan tenggelam sekitar tahun 2100 adalah dengan catatan jika manusia tidak melakukan suatu apapun. Artinya tak ada upaya untuk mengurangi karbondioksida dengan upaya seperti penanaman pohon dan mengganti bahan bakar migas.

Selain itu, kebijakan persoalan lingkungan dan perubahan iklim tidak bisa dibebankan pada satu negara saja, seperti Indonesia. Sebab lingkungan merupakan kebijakan global.

Pernyataan di atas menunjukan bahwa Capres 02 selalu bersikap pesimis terhadap masa depan Indonesia tanpa bisa memberikan solusi maupun dorongan kepada rakyat Indonesia. Ia hanya mengobarkan ketakutan dan kekhawatiran yang berlebihan.

Mari kita hadapi masalah perubahan iklim ini dengan optimis. Harus diakui memang saat ini ada masalah perubahan iklim, tetapi kita perlu bekerja untuk memperbaikinya. Bukan menakut-nakuti rakyat demi kepentingan politik yang sesaat saja.


Start a Conversation

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*Komentar anda akan di moderasi.